RESUME SUPPLY AND DEMAND

 NAMA: MUHAMMAD ADIEVTAMA SYAHPUTRA

NBI: 1232000024

MATKUL: PENGANTAR EKONOMI MIKRO (K)


PERMINTAAN DAN PENAWARAN


1. PENGERTIAN

Dalam ekonomi terdapat permintaan (demand) dan penawaran (supply) yang saling bertemu dan membentuk satu titik pertemuan dalam satuan harga dan kuantitas (jumlah barang). Setiap transaksi perdagangan pasti ada permintaan, penawaran, harga, dan kuantitas yang saling memengaruhi satu sama lain.

Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu, sedangkan penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu.

Dengan kata lain, yang bertindak sebagai permintaan adalah pembeli sedangkan penjual sebagai penawaran. Ketika terjadi transaksi antara pembeli dan penjual maka keduanya akan sepakat sehingga terjadilah transaksi pada harga tertentu hasil dari proses tawar-menawar.

2. PERMINTAAN

Teori permintaan  yang menjelaskan sifat hubungan antara jumlah permintaan barang  dan harganya dikenal dengan hukum permintaan yang berbunyi: “ makin tinggi harga suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang diminta ; sebaliknya makin rendah harga suatu barang makin banyak jumlah barang yang diminta”

Permintaan seseorang atau suatu masyarakat akan suatu barang ditentukan oleh banyak faktor. Diantara faktor-faktor tersebut yang terpenting adalah : 

- Harga barang itu sendiri 

- Harga barang-barang lain yang bersifat substitutif terhadap barang tersebut

- Pendapatan rumah-tangga atau pendapatan masyarakat 

- Selera seseorang atau masyarakat 

- Jumlah penduduk. 

Untuk analisis permintaan ini sangat sukar menganalisis pengaruh dari semua faktor-faktor tersebut terhadap permintaan suatu barang secara bersama-sama sekaligus. Oleh karena itu,  disederhanakan  analisis tersebut, dengan menganggap bahwa permintaan suatu barang terutama dipengaruhi oleh harga barang itu sendiri , sedangkan faktor-faktor lainnya dianggap tidak berubah

- FUNGSI PERMINTAAN,HUKUM PERMINTAAN DAN RUMUS FUNGSI PENAWARAN

Fungsi permintaan (demand) adalah hubungan antara harga dan jumlah barang yang diminta konsumen. Fungsi permintaan akan menunjukkan hubungan yang berlawanan atau berbanding terbalik.

Permintaan diartikan sebagai jumlah barang yang ingin diminta konsumen, dengan kemungkinan tingkat harga dan waktu tertentu. Permintaan muncul jika pembeli memiliki keinginan, untuk membeli barang dan jasa dengan kemampuan untuk membayarnya.

Hukum permintaan: "Naik turunnya harga akan menjadi penentu permintaan".

Rumus Fungsi Permintaan:


Qd = a - bP

Keterangan:

Qd = jumlah

a = konstanta

b = koefisien pengarah (slope)

P = tingkat harga

Kurva permintaan menggambarkan hubungan antara kuantitas barang yang ditawarkan terhadap harga barang-barang. Kurva permintaan akan bergerak dari kiri atas ke kanan bawah, begitupun sebaliknya. Itu akan menggambarkan hubungan terbalik antara permintaan dan harga.

KURVA PERMINTAAN


Bentuk fungsi kurva permintaan adalah Q = a-bP (‘Q’ merupakan jumlah permintaan barang, ‘a’ adalah konstanta, ‘b’ merupakan kemiringan atau gradien, dan ‘p’ adalah harga barang).

Meski begitu, kurva hukum permintaan ini bisa mengalami perubahan dan pergerakan di dalam teorinya. Perubahannya terjadi karena dua sebab utama, yakni perubahan harga barang yang bersangkutan dan karena faktor ceteris paribus (faktor selain harga barang itu sendiri) sesuai dengan pendapatan pembeli atau selera pasar.

Jika yang berubah faktor ceteris paribus, maka akan terjadi pergeseran kurva permintaan (shifting). Bila pendapatan meningkat, kurva permintaan bergeser sejajar ke kanan. Jika pendapatan menurun, kurva permintaan bergeser sejajar ke kiri.

Jadi, pengaruh masing-masing faktor pengaruhi permintaan terhadap pergerakan (movement) dan pergeseran (shifting).

2. PENAWARAN

Dalam buku Ekonomi Mikro Teori dan Aplikasi (2017) Sigit Sardjono, penawaran dalam teori ekonomi memiliki arti berbagai jumlah barang yang ditawarkan pada berbagai tingkat harga dalam periode tertentu. Penawaran adalah hubungan antara harga dengan kuantitas untuk setiap unit waktu yang akan dijual oleh penjual.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran:

-Harga barang
-Banyaknya penjual/produsen
-Bencana alam
-Harga barang pengganti
-Biaya produksi
-Kemajuan teknologi
-Besaran pajak
-Perkiraan harga di masa yang akan datang
-Kebijakan pemerintah serta situasi politik

Jenis penawaran terbagi menjadi 2, yaitu penawaran pasar dan penawaran perorangan.

Penawaran pasar yaitu jumlah total dari penawaran barang atau jasa yang telah dilakukan oleh seluruh penjual pada tingkat harganya.
Penawaran perorangan merupakan sejumlah penawaran barang atau jasa yang dilakukan oleh masing-masing produsen, terhadap sebuah tingkat harga.

-FUNGSI PENAWARAN,HUKUM PENAWARAN DAN RUMUS PENAWARAN

Fungsi penawaran (supply) adalah hubungan antara banyaknya barang atau jasa yang ditawarkan dan harganya.  pengertian penawaran sendiri yaitu banyaknya barang atau jasa yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen.

Hukum penawaran: "Jika harga naik maka penawaran akan naik, dan apabila harga turun maka penawaran juga turun".



Rumus Fungsi Penawaran:
Qs = a + bPs

Keterangan:

Qs = jumlah barang yang ditawarkan

Ps = harga barang yang ditawarkan

a & b = konstanta

Dalam fungsi penawaran, kita akan mengenal istilah kurva penawaran. Kurva penawaran yaitu grafik yang menggambarkan hubungan antara harga dengan jumlah barang, yang ditawarkan pada waktu dan tempat tertentu. Pergerakan kurva penawaran yaitu dari kiri bawah ke kanan atas. Baik harga dan jumlah penawaran artinya positif.



RUMUS HUKUM PENAWARAN



Garis horizontal merupakan garis yang menunjukkan jumlah barang yang diminta atau Q (Quantity)

Garis vertikal merupakan garis yang menunjukkan harga barang atau P (Price)

Garis penawaran ditarik dari bawah menuju ke atas. Karena semakin mahal harganya, maka semakin banyak penawarannya.

KESIMPULAN DARI SUPPLY AND DEMAND

Kesimpulannya, supply dan demand suatu produk barang atau jasa merupakan dua faktor yang sangat berpengaruh terhadap harga barang di pasar. Oleh karenanya  sangat perlu dilakukan analisa supply-demand karena dapat berdampak pada profit yang didapatkan 

Supply and Demand atau Permintaan dan Penawaran tidak harus dari belajar dan mendalami ekonomi bisa dari kehidupan terutama bagian perasaan suka terhadap lawan jenis. kalau kalian memberi perhatian yang lebih terhadap orang yang kalian sukai tetapi dia tidak minta maka nanti nilaimu akan rendah. jadi harus ada permintaan dan penawaran yang seimbang agar nilai kalian berharga di mata pasangan anda

DAFTAR PUSTAKA

http://nuhfil.lecture.ub.ac.id/files/2009/03/mikro-2-penawaran-dan-permintaan-nuhfil.pdf

https://www.detik.com/jabar/berita/d-6175117/fungsi-penawaran-dan-permintaan-lengkap-dengan-contoh-serta-rumusnya#:~:text=Fungsi%20permintaan%20(demand)%20adalah%20hubungan,tingkat%20harga%20dan%20waktu%20tertentu.

https://media.neliti.com/media/publications/271672-penawaran-dalamekonomi-mikro-7251046b.pdf

https://www.gramedia.com/literasi/hukum-permintaan/

https://money.kompas.com/read/2022/03/05/190313426/apa-yang-dimaksud-dengan-permintaan-dan-penawaran?page=all

https://www.detik.com/jabar/berita/d-6180326/kurva-penawaran-dan-permintaan-pengertian-perbedaan-dan-contohnya

https://runsystem.id/id/blog/supply-demand-adalah/

https://youtu.be/BVM7EZ-Sa2g

SardonoSukirno. Mikro Ekonomi Teori Pengantar Edisi Ketiga. 2013

EMAIL:

adievtama@gmail.com

https://www.untag-sby.ac.id/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEORI BIAYA PRODUKSI JANGKA PANJANG SKALA EKONOMIS DAN TIDAK EKONOMIS

TEORI PERILAKU KONSUMEN DENGAN PENDEKATAN ORDINAL

ELASTISITAS PENDAPATAN DAN SILANG