STRUKTUR PASAR: PASAR OLIGOPOLI DAN PASAR MONOPOLISTIK
NAMA: MUHAMMAD ADIEVTAMA SYAHPUTRA
NBI: 1232000024
MATKUL: PENGANTAR EKONOMI MIKRO (K)
STRUKTUR PASAR: PASAR OLIGOPOLI DAN PASAR MONOPOLISTIK
Pasar Oligopoli:
Pasar Monopolistik adalah Suatu Pasar yang ada banyak
Penjual ,yg Memasarkan Produknya yg Hampir memiliki Fungsi yg Sama tapi berbeda
Corak.. Produk yang dihasilkan pasti mempunyai Karakterstik Kelebihan dan
Kekurangan Tersendiri yg Membedakannya dengan Produk-Produk Lainnya dan Saling
Berlomba untuk Memasaran Produknya dengan Caranya Sendiri Sendiri.
di Pasar Persaingan Monopolistik, Harga merupakan Faktor yg
bisa Mendongkrak Nilai Penjualan. tapi Kemampuan produsen Atau Perusahaan
membentuk gambaran yg Baik di dalam Benak Konsumen sehingga Mereka Ingin
Membeli Produk tersebut Merupuakan Faktor utama Pendongrak Nilai Penjualan.
Maka dari Itu , Perusahaan yg ada di Pasar Monopolistic wajib Selalu Akfif
Mempromosikan Produknya untuk menaikkan Nilai Penjualan tetapi harus
permanenuntuk menjadi Nama Baik dan citra Perusahaan yang Sedang Mereka
Promosikan. waktu Produsen Baru yg Masuk Kedalam Pasar Monopoli umumnya Belum
bisa Menyaingi penghasil lama. dengan Begitu Akan Terjadi Suatu Monopoli Murni
di dalam Pasar yg Dikuasai oleh Satu penghasil.
sebagai model Produk yg terdapat pada Pasar Monopolistik
seperti Shampo, Sikat Gigi, serta Dll. Walaupun seluruh Barang tadi mempunyai
Fungsi Sama Akan tapi Setiap Produk yang didapatkan oleh Produsen yang tidak
sama mempunyai disparitas di Setiap Produk, contoh Perbedaannya seperti warnnya
, kemasan atau bungkus,Cara Penyajian, Bentuk Dll..
Ciri -Ciri Pasar Monopolistik:
1. Banyak Penjual dan Pembeli.
Pasar Ini Memiiki banyak Produsen Atau Penjual yang
Saling Bersaing Memasarkan Produknya Ke Masyaarakat Atau Konsumen Walaupun yg
Mereka Jual Kemungkinan Produk yg Sama akan tetapi memiliki ciri yg tidak
selaras Antara Satu Sama Lain.
2. Produsen dapat menentukan Harga produsen yg menghasilkan
Produk Berkualitas serta Keistimewaan Tersendiri Akan membentuk pembuat Mematok
Harga dengan Harga dari Mereka Sendiri.karena Produsen Mereka Pantas menentukan
Harga.
3. Produsen bisa Keluar Masuk Pasar.
Hal Ini dipengaruhi laba ekonomi,yang Dimaksut dengan
Hal Ini ialah Bila produsen Didalam Pasar banyak dan majemuk Maka Otomatis
Konsumen memiliki banyak Pilihan dan untung Yang Ditrima lebih kecil.
sebaliknya Jika Didalam Pasar Jumlah produsen Sedikit Maka bisa Dikatakaan laba
yang Diterma Lebih besar
4. kenaikan pangkat Penjualan harus Aktif.
Harga ialah Faktor Satu Pendongkrak Nilai Penjualan,
tapi Faktor primer Pendongkrak Nilai Penjualan merupakan Kemampuan penghasil
Atau Perusahaan buat membentuk gambaran yang Baik Dimata Para Konsumen,
sehingga bisa menimbulkan Ketertarikan Terhadap Produk Konsumen. Jadi, Iklan
Atau kenaikan pangkat mempunyai peran yg Sangat penting pada Memikat Daya Tarik
Konsumen Terhadap Produk yang Hendak Kita Pasarkan
Kelebihan Dan Kelemahan Pasar Monopolistik
Kelebihan Pasar Monopolistik:
*Banyaknya Produsen di Pasar menyampaikan Sebuah keuntungan
serta Kemudahan Bagi Konsumen yang Hendak Mecari Barang, Mereka mampu memilih
Produk dengan Harga yang menurut Mereka Terbaik Baginya.
* produsen dapat Keluar Masuk Pasar, menghasilkan Produsen
Ingin Melakukan Peningkatan pada Produknya,Baik dari Segi Kualitas dan yang
* Pasar Monopolistik Ini banyak Menjual Kebutuhan utama
Sehari Hari,sampai Pasar Ini Sangat mudah Dijumpai Konsumen.
Kelemahan Pasar Monopolistik:
* dibutuhkan modal yang relatif besar buat Masuk Ke pada
Pasar Monopolistik, karena Pemain Pasar pada Dalamnya mempunyai Skala hemat yg
cukup Tinggi
kesimpulan:
Pasar Monopolistik ialah Pasar Persaingan tidak sempurna. Teori Pasar Monopolistik Dikembangkan Karena ketidakpuasan Terhadap Daya Analisis contoh Persaingan tepat juga Pasar Monopoli.efek Ekonomi Persaingan Monopolistik Merupakan keseluruhan Kerugian yg tidak Diinginkan dari Efisiensi Alokatif serta Produktif. Sedangkan Pasar Oligopoli, Pasar yang Terdiri dari Sedikit Perusahaan(Produsen). Setiap Perusahaan memiliki Kekuatan (cukup) besar agar bisa mempengaruhi Harga Pasar. Produk dapat berupa homogen Atau Terdiferensiasi. Setiap Perusahaan Akan mempengaruhi Perusahaan Lainnya dalam Industri
https://www.kompasiana.com/putriwahyuni1272/6386d1994addee10f457c112/pengertian-pasar-monopolistik-dan-oligopoli-ciri-ciri-dan-contohnya-serta-kelemahan-dan-kelebihan?
Komentar
Posting Komentar